Misteri Kapal SS Ourang Medan

Misteri Kapal SS Ourang Medan

Banyak Kisah Misteri yang Sering Kita Dengar Tentang Kapal Berhantu

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Misteri Kapal SS Ourang Medan
taukagaklo.blogspot.com -  Dan yang paling terkenal karena seringkali diangkat ke dalam film buatan Hollywood ialah The Flying Dutchman. Tapi, tahukah Anda bahwa negara kita mempunyai kisah kapal hantu yang sampai saat ini masih menjadi misteri besar dunia? Bahkan awak kapal yang mengetahui kejadian tersebut enggan untuk menceritakan kembali kisah misteri tersebut karena takut dianggap “tidak waras” pada masa itu.

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Kapal SS Ourang Medan
Kisah ini bermula pada tahun 1948 dimana sebuah kapal kargo milik Belanda, SS Ourang Medan tenggelam di sekitar selat malaka Indonesia. Dari awal kapal ini memang sudah sangat misterius, dari keberadaannya sampai dengan bagaimana seluruh awak dari kapal ini meninggal. Disebutkan bahwa seluruh awak sampai kapten kapal tewas secara misterius tanpa ada satu orangpun yang berhasil mengungkapnya, bahkan beberapa peneliti dari berbagai penjuru dunia pun tidak berhasil mengungkap misteri kapal ini. Beberapa rumor mengatakan bahwa kapal ini sebenarnya hanya legenda, tapi banyak juga saksi yang membenarkan keberadaan kapal ini.

Pada hari tenggelamnya kapal misteri tersebut, cuaca sebenarnya sangat cerah, hembusan angin yang normal serta deburan obak yang sangat tenang. Kondisi tersebut dibenarkan oleh penuturan awak dari lusinan kapal yang berlayar di sekitar teluk malaka, namun secara mengejutkan terdengar sebuah sandi bahaya (SOS) dari sebuah kapal. Dari sini para saksi mengatakan bahwa mereka sudah diselimuti misteri tentang sinyal tersebut, pasalnya cuaca dan kondisi yang cerah tidak diperkirakan akan menjadi masalah. Sinyal SOS tersebut dikisahkan hampir terdengar pada semua kapal yang berlayar. 

Dan yang paling mengejutkan adalah pesan yang sangat mengerikan yang ditulis menggunakan sandi morse dari dalam kapal tersebut. "Semua petugas termasuk kapten terbaring mati di kamar grafik dan jembatan. Mungkin seluruh kru tewas." Belum selesai dengan kejutan pesan dari awak kapal tersebut hampir semua kapal pun terhentak saat awak tersebut kembali menuliskan pesan "Aku akan segera mati!" 

Kapal Silver Star

Hanya satu kapal yang berhasil membaca posisi kapal Ourang medan, Kapal Silver Star pun segera berangkat menuju posisi kapal Ourang Medan, beberapa jam berlayar, kapal Silver pun tiba di lokasi. Sejak awal suasana mencekam sudah menusuk para awak kapal dan mereka pun sama sekali tidak melihat tanda-tanda kehidupan di atas kapal Orang Medan. Disebutkan kapal ini sempat mengirim sinyal ke kapal Ourang Medan, namun semua sinyal sama sekali tidak mendapat tanggapan. Para awak Silver pun mulai membentuk tim untuk menelusuri kapal dan mencari korban yang masih hidup.

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Korban Awak Kapal SS Ourang Medan
Betapa terkejutnya saat mereka berada di atas kapal Ourang Medan, mereka melihat mayat yang berserakan di mana-mana, sebuah pemandangan yang tentu tidak akan pernah dilupakan. Semua mayat yang ditemukan tewas mengenaskan dengan kulit yang pucat, gigi yang sangat rapat, lengan mereka mencengkeram sesuatu yang tak terlihat, mata melotot dan tidak ada satu mayat yang ditemukan tewas karena kekerasan. Ketika mendekati mayat, kru penyelamat merasa sangat dingin padahal kapal sedang berada di perairan Indonesia, di wilayah katulistiwa dengan suhu sekitar 110° Fahrenheit atau sekitar 43° Celcius. 

Pertanyaan pun langsung terbesit, apa yang sebenarnya menyebabkan mereka meninggal? Apakah karena perompak, atau memang hantu laut yang merenggut nyawa mereka? Bahkan beberapa sumber mengatakan jika saat ditemukan mayat-mayat seolah menunjuk sebuah arah.

Tim penyelamat memutuskan untuk menarik kapal SS Ourang Medan itu ke pelabuhan menggunakan seutas tambang besar yang diikatkan di halauan kapal SS Ourang Medan lalu disambungkan ke buritan kapal Silver Star. Namun saat mereka belum memulai pelayaran, kapal SS Ourang Medan terbakar dan asap terlihat dari lambung kapal SS Ourang Medan. Tali tambang yang menyambung ke SS Ourang Medan segera diputuskan, para krew penyelamat dan kapten kapal Silver Star sama-sama berusaha dengan cepat untuk menjauh dari kapal SS Ourang Medan yang sedang terbakar.
Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Kapal SS Ourang Medan Meledak

SS. Ourang Medan meledak dengan dahsyat. Kapal hantu tanpa awak yang telah tewas secara misterius dan mengenaskan itu pun akhirnya tenggelam di Selat Malaka.

Tidak ada catatan registrasi untuk kapal yang bernama Ourang Medan, termasuk di Belanda. Para peneliti merasa curiga akan kebenaran dari peristiwa ini. Kurangnya informasi masih menjadi kendala untuk mengungkapkan misteri S.S. Ourang Medan.

Kebenaran peristiwa SS Ourang Medan ini masih belum diketahui dengan pasti, bahkan catatan mengenai pembangunan dan sejarah kapal juga masih belum diketahui. Lalu darimana asal kapal ini?

Beberapa Teori

Kargo yang berbahaya

Bainton dan Buklet Mielke yang merupakan penyelidik dibidang pelayaran menyatakan di kapal SS Ourang Medan terdapat zat kimia mematikan yang merupakan proyek rahasia. Dan mungkin saja SS Ourang Medan terlibat dalam operasi penyelundupan bahan kimia seperti Zyankali (potasium sianida) dan nitrogliserin bahkan sampai kepada gas saraf, atau bahkan senjata biologis yang lebih berbahaya dari itu, yang diproduksi oleh ilmuwan Jepang (yang akan dibahas dalam salah satu hipotesa: Unit 731). Menurut teori ini, air laut telah masuk ke palka kapal, dan kargo bereaksi dengan mengeluarkan gas beracun yang menyebabkan kru tewas keracunan. Selanjutnya, air laut akan bereaksi dengan nitrogliserin, menyebabkan kapal terbakar dan meledak.

Tak perlu dijelaskan lagi, bahan-bahan ini akan menjadi ramuan yang cukup berbahaya bahkan ketika diramu di laboratorium dengan protokol keamanan tertinggi sekalipun, apalagi di dalam kapal di laut lepas. Itu seperti mimpi buruk, hal ini bisa dilihat tidak hanya dari kematian mengerikan para kru Belanda, tetapi juga ledakan berikutnya yang menenggelamkan kapal tersebut ke dasar laut.  

Keracunan karbon monoksida

Ada juga teori yang menyatakan telah terjadi malfungsi pada sistem uap di kapal dan menyebabkan kapal karam. Selanjutnya, karbon monoksida yang dikeluarkan akan menyebabkan seluruh kru tewas, dengan api pelan-pelan menjalar, menyebabkan hancurnya Ourang Medan.

Unit 731 

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Unit 731 Misteri Kapal SS Ourang Medan

Dikenal penduduk sekitar sebagai Den of Cannibals, Unit 731 didirikan pada tahun 1932 oleh seorang brilian namun sesat, seorang ahli bakteriologi Jepang bernama Shiro Ishii. 

Unit ini dirancang untuk menjadi sebuah Departemen Penelitian dan Pengembangan Klandestin yang agenda tunggalnya adalah untuk menciptakan senjata kimia dan biologi dengan bentuk paling mematikan yang pernah dikenal manusia, dan dengan demikian memastikan kemenangan Jepang atas setiap musuh-musuhnya. 

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Shiro Ishii
Ishii membentuk Unit 731, atau Tongo Unit, selama Perang Sino-Jepang Kedua, tetapi tidak benar-benar membuat tanda-tanda mengerikan sampai ia mengawasi pembangunan fasilitas penelitian baru di Tentara Kekaisaran Jepang yang menduduki distrik Pingfang di Cina. Di sanalah para ilmuwan dari divisinya melakukan beberapa eksperimen biologis paling menyedihkan yang dikenal manusia selama Perang Dunia II.

Bahkan yang membuat Unit 731 ini tak bisa dimaafkan adalah fakta bahwa komplotan aneh ini menggunakan manusia, termasuk perempuan dan bayi, sebagai kelinci percobaan mengerikan mereka, dari mulai percobaan yang melibatkan suhu dingin yang ekstrem sampai pembedahan secara hidup-hidup, untuk mempelajari efek dari bahan beracun pada organ hidup.

Namun demikian, Jenderal Douglas MacArthur, mungkin atas dasar Kepentingan Pertahanan Nasional, diam-diam memberikan perlindungan terhadap Ishii dan stafnya dengan kompensasi pemberian senjata biologis untuk pihak Amerika setelah selesai penelitian, terlepas dari tindakan tak terkatakan yang telah mereka lakukan. Seperti yang dilaporkan oleh Bainton:

Secara singkat, Unit 731 adalah proyek untuk menemukan senjata kimia, gas, atau biologis untuk memenangkan perang. Mengerikan, eksperimen tidak manusiawi ini dilakukan kepada tahanan perang Australia, Amerika, Rusia, Cina, dan Inggris yang tak berdaya --- kejahatan perang terburuk yang pernah dilakukan.

Bainton berspekulasi, mengapa bahan-bahan berbahaya ini dikemas ke dalam kapal SS Ourang Medan ketika mereka bisa saja terbang langsung ke laboratorium rahasia, mungkin alasannya adalah pemerintah AS, atau kekuatan lain yang ada dibalik proyek ini, memutuskan untuk menggunakan kapal yang lambat dan tidak mencolok seperti kapal barang asal Belanda ini untuk alasan keamanan dan penyembunyian.

Jadi bagaimana kapal barang yang mematikan ini kemudian bisa berlayar di sekitar Laut Cina Selatan dan melalui Selat Malaka selama periode yang bermasalah ini? Bukan lewat udara, kemungkinan sebuah pesawat kargo menabrak dengan beberapa ton gas mematikan di dalam pesawat itu terlalu mengerikan untuk dipertimbangkan. Tidak, jika menyewa sebuah kapal uap tua jelas tidak signifikan, sebaiknya memilih kapal barang dengan kru asing yang dibayar rendah, lalu disimpan di drum minyak yang tersamarkan, dan seperti semua penyelundupan yang ada, berharap tidak ada yang mengetahuinya.

Bainton menduga bahwa air laut memasuki palka kapal, bereaksi dengan zat berbahaya ini kemudian melepaskan gas beracun, yang kemudian menyebabkan kru mati lemas. Pada titik ini, air garam mungkin telah menyebabkan reaksi nitrogliserin bekerja lebih cepat, menciptakan efek ledakan yang menenggelamkan kapal barang SS Ourang Medan. Bainton bahkan melanjutkan spekulasinya tentang peran Amerika Serikat dalam menghapus semua catatan dari keberadaan kapal itu:

Jika kita menyepakati, terkait dengan kematian awaknya, bahwa kapal tersebut mengandung gas mematikan atau bahan kimia, dan jika memang kapal tersebut adalah kapal Belanda yang rusak karenanya, itu akan menjadi sangat memalukan bagi pemerintah manapun yang terlibat, terutama terkait dengan perjanjian pada Konvensi Jenewa. Oleh karena hal ini, setiap peneliti akan menemui jalan buntu. Cerita ada karena, seperti gas, ia berhasil melarikan diri.

Jadi apakah kita sudah percaya bahwa ini adalah nasib akhir dari SS Ourang Medan dan para awaknya? Apakah ini hanya sebuah kecelakaan tragis yang merupakan hasil dari kombinasi bahan kimia berbahaya dengan nitrogliserin yang terjadi di laut lepas? Tapi tampaknya, kita tidak perlu terlalu yakin. Sebab teori tentang SS Ourang Medan bukan satu-satunya penjelasan. Mungkin terdengar aneh jika ternyata awak kapal yang mengerikan tersebut adalah korban.

Kejadian Alam 

Banyak hal di dunia ini yang masih belum bisa kita jelaskan dengan akal sehat karena keterbatasan pengetahuan dan pikiran kita. Salah satu dari penyebab kejadian misterius yang terjadi di lautan disebabkan oleh fenomena alam. Jika kita melibatkan unsur ini, makakejadian atau fenomena alam bisa dijadikan salah satu hipotesa kita. Jika saat ini ilmu pengetahuan belum mampu menjelaskan secara detail, maka suatu saat nanti kita akan mampu menemukan penjelasan yang benar jika memang misteri tenggelamnya Kapal SS Ourang Medan disebabkan oleh hal ini.

Gelembung Gas Metana

Mungkin kejadian di kargo Belanda tersebut dapat dijelaskan dengan cara alami, bahwa awak SS Ourang Medan sesak napas oleh gas metana berbahaya yang berdeguk naik dari retakan di dasar laut dan meracuni para awak kapal sebelum akhirnya melanda kapal. 

Memang, teori ini tidak bisa menjelaskan secara masuk akal bagaimana kapal bisa meledak dengan dahsyat sampai menggelegar, seperti yang diungkapkan oleh awak The Silver Star. Jadi kalau bukan gelembung metana yang bertanggung jawab atas tragedi tersebut, maka kemungkinan lain adalah...

Kebakaran Ketel Uap

Penulis Vincent Gaddis, dalam bukunya tahun 1965, Invisible Horizons, menyatakan bahwa api yang tidak teramati atau kegagalan dalam sistem ketel uap kapal mungkin telah bertanggung jawab atas kematian kapal SS Ourang Medan.
  
Dia mengklaim bahwa karbon monoksida bisa bocor sampai menyebabkan kematian pada apapun di semua wilayah kapal sementara api perlahan-lahan menyala, akhirnya memicu bahan bakar dan menyebabkan ledakan.
  
Sementara itu, ada kemungkinan lain, bahkan lebih sederhana dibandingkan gas metana atau kebakaran, atau semua teori yang ada. Mungkin semua ini tidak lebih dari sebuah...

Hoax

Meskipun penjelasan Bainton tentang kejadian ini telah banyak dibantah oleh berbagai pihak, entah itu kalangan biasa atau pihak pemerintah, fakta bahwa tidak ada catatan yang pernah menyebutkan adanya SS Ourang Medan memang menyulitkan penyelidikan.

Fakta lain bahwa tidak ada awak The Silver Star yang merasa terdorong mau menceritakan kejadian mengerikan ini juga salah satu hal yang menyebabkan cerita ini terlihat seperti cerita hantu kuno, atau dongeng-dongeng sebelum tidur lainnya.

Hal-hal dan fakta-fakta inilah yang menyebabkan United States Coast Guard mengkonfirmasi bahwa cerita ini tak lebih dari sebuah dongeng, meskipun banyak peneliti yang telah menginvestasikan waktu, biaya, tenaga, dan segala sumber daya untuk mengungkap tabir misteri di balik cerita ini.

Fenomena paranormal

Misteri Kapal SS Ourang Medan - taukagaklo.blogspot.com
Misteri Kapal SS Ourang Medan Berhantu
Ini adalah salah satu hipotesa yang sulit diterima akal namun menjadi salah satu yang cukup digemari. Dimulai oleh Frank Edwards dan Robert V. Hulse pada  tahun 1953 yang menulis untuk Fate Magazine dan untuk bukunya The Case For the UFO yang kemudian diterbitkan pada tahun 1955.

Bahkan penulis dan peneliti "Philadelphia Experiment" seperti Morris K. Jessup memperkirakan bahwa kapal tersebut diserang oleh benda terbang (UFO) Bukti yang dimasukan oleh sumber tersebut adalah ketiadaan penyebab alami kematian, ekspresi ketakutan pada wajah mayat dan rumor bahwa mayat tersebut menunjuk musuh yang tidak diketahui.

Penggemar misteri yang lain berteori bahwa awak Belanda yang tidak beruntung ini mungkin diserang oleh monster laut yang pendendam, atau oleh hantu kapal yang bermuka masam, atau bahkan bajak laut yang berwujud mayat hidup. Walaupun tidak ada bukti kuat, tapi para pendukung opsi paranormal berpendapat bahwa penyebab kematian serta ekspresi wajah yang konon terukir di wajah para pelaut yang hancur itu tidak alami. 

Memang tidak masuk akal, tapi jika kita memang harus menanggalkan teori paranormal ini, maka teori yang mungkin terjadi adalah...

Keraguan

Beberapa penulis menyatakan keraguannya karena ketidakmampuan mereka untuk menemukan kapal ini pada Lloyd’s Shipping Register. Selain itu, tidak ada catatan registrasi untuk kapal yang bernama Ourang Medan, termasuk di Belanda.

Anehnya, pencarian catatan resmi, dokumen dan sejarah mengenai kapal tersebut oleh banyak peneliti hingga detik ini juga belum membuahkan hasil dan peristiwa misterius ini masih menggantung hingga kini.

Maka, hal tersebut membuat peristiwa ini jauh lebih banyak pertanyaaan daripada jawabannya. Apakah kapal SS Ourang Medan benar-benar nyata? Apakah adalah kapal itu berasal dari masa lalu sebelum laporan ini dibuat? Ataukah itu kapal hantu? atau kapal dari “dimensi lain”?

Kurangnya informasi mengenai kapal SS Ourang Medan ini menumbuhkan kecurigaan mengenai kebenaran peristiwa tersebut. Akibatnya, hal ini menyebabkan adanya beberapa teori dan kesimpulan-kesimpulan yang simpang-siur. Namun karena banyaknya saksi yang melihatnya, maka banyak juga orang yang tetap percaya dan menganggap bahwa peristiwa ini benar-benar terjadi.

Penutup

Setelah semua yang sudah dijelaskan, jika ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi pada SS Ourang Medan dan awaknya tetapi memilih untuk tidak berbicara, dan apa pun kebenaran di balik tragedi yang tak terduga ini, kisah misteri SS Ourang Medan tetap menjadi salah satu teka-teki maritim paling membingungkan dan menakutkan, dan benar-benar terjadi pada abad ke-20. Dan walaupun kisah ini tidak setenar kebanyakan kapal hantu lain, kisah ini tetap menakutkan untuk kita ceritakan kembali.


Share on Google Plus

About AcePoPo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar